Sabtu, 14 Juli 2018

Liburan Manfaatkan Mengenal Sejarah & Kebudayaan Daerah Sendiri Banten

Liburan Manfaatkan Mengenal Sejarah & Kebudayaan Daerah Sendiri

 TRAVEL DIRECTIONS TO MUSEUM SITUS KEPURBAKALAAN BANTEN LAMA


Hallo Sahabat Pelangi dan Sahabat Mecko Channel, Kali ini saya akan berbagi kembali yaitu disini saya akan membahas Sejarah dan Kebudayaan Banten.

Dihari libur Panjang yang Kemaren Saya manfaatkan Liburan Bareng sama Anak dan istri saya,  

Namun Liburan ini berbeda dari pada sebelumnya, saya mengajak anak dan istri saya untuk mengenal sejarah dan kebudayaan daerah sendiri. Yaitu Banten



Kebudayaan Provinsi Banten Sangatlah unik.
Beragam suku bangsa yang  dimiliki daerah Banten ini menjadikan kebudayaan Provinsi Banten semakin Beragam.

Banyak Kesenian yang dimilik Daerah Banten dan Salah satunya, yang sudah tidak asing kita dengar yaitu Debus..



Tradisi atau kebudayaan Banten. Menurut beberapa sumber Permainan debus ini dikenal pada masa Sultan Maulana Hasanudin..  Pada saat itu peranan kesenian tradisional debus itu sebagai sarana untuk menyebarkan agama islam.

Kemudian pada masa Sultan Ageng Tirtayasa debus digunakan sebagai prasarana untuk membangkitkan semangat juang dalam melawan penjajah, Menurut sejarah persyaratan  bagi setiap orang yang mau mempelajari kesenian debus itu adalah adanya ke imanan yang tebal terhadap ajaran islam karna kesenian debus itu didasari oleh ajaran islam

Istilah debus sendiri berasal dari Baghdad terkait dengan aliran tarikat tertentu. Dalam permainan Debus terdapat kolaborasi antara kekebalan tubuh dan permainan pencak silat. Atraksi permainan ini membuat para penonton merasa ngeri karena senjata tajam seperti golok, gedebus (almadad), dan lain-lain atau bahkan api yang membakar manusia tidak mampu melukai para pemainnya. Oleh karenanya, ada yang mengatakan Debus  sebagai permainan sulap yang mampu mengelabui mata para penonton. Kesenian Debus saat ini merupakan kombinasi antara seni tari dan suara.

Nah itulah Sahabat....  Artikel ini saya buat tentang salah satu Seni kebudayaan yang dilmiki Banten. Semoga Bermanfaat ya Sahabat....


M. Harmoko /Miecko Febriant.   jangan lupa berkunjung juga di Channel Youtube Saya ya....

Miecko Channel




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat