Selasa, 31 Mei 2016

”Islam Tak Mengenal Istilah “Sabar Ada Batasnya”

”Islam Tak Mengenal Istlah “Sabar Ada Batasnya”

sabar+ada+batasnya

Islam mengajarkan umatnya untuk memiliki sikap yang sabar dalam menghadapi berbagai masalah, seberat apapun masalah tersebut. Dalam islam, tidak ada istilah bahwa kesabaran itu ada batasnya. Istilah itu hanya merupakan kalimat yang pantas diucapkan oleh orang orang yang lemah atas segala ujian dari Allah SWT. Orang yang beriman dianjurkan untuk tetap kuat dan tetap sabar dalam menghadapi segala ujian yang diberikan oleh Allah.

Kesabaran memang merupakan sesuatu yang tidak dapat dipelajari secara formal. Kesabaran merupakan sesuatu yang datang dari hati setiap manusia ketika mereka sedang menghadapi suatu cobaan. Sejatinya, setiap masalah yang datang pada diri seseorang adalah cobaan dari Allah kepada umatnya untuk menguji sejauh mana ketaqwaannya.

Jika manusia dapat melewati ujian tersebut dengan baik, maka Allah akan mengangkat derajatnya sebagai umat yang beriman. Salah satu hal yang dapat menunjukkan tingkat keberhasilan seorang manusia dalam menghadapi cobaan Allah adalah dengan seberapa sabar ia menjalani cobaan tersebut. maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka sabar memang tidak pernah ada batasnya.
Sabar, Sabar, dan Sabar

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan bahwa Allah tidak akan menguji manusia di luar batas kemampuannya. Sehingga, Allah jauh lebih tahu di mana batas kemampuan seseorang dalam menghadapi cobaanNya. Sehingga, manusia yang mendapat ujian seharusnya memang tetap bisa bersabar sampai benar benar ia akan berhasil, namun di sini masalahnya adalah manusia memiliki sifat sifat lain yang sangat mudah dipengaruhi oleh Syaitan.

Ketidak sabaran seseorang bisa saja disebabkan oleh godaan syaitan supaya manusia tidak mampu menuntaskan ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, maka sangat penting untuk mempertahankan hati dari gangguan syaitan agar tetap mampu bersabar dalam menghadapi cobaan apapun.

Sabar banyak disebutkan di dalam Al Qur’an sebagai salah satu sifat yang memang benar benar urgen untuk dimiliki oleh umat muslim. Bahkan di dalam ayat terakhir dari surat Ali Imran, istilah sabar sangat ditegaskan sekali. Manusia memang sangat dianjurkan untuk terus bersabar untuk mencapai rida-Nya.

Tidak ada komentar: